Makna Perlombaan 17 Agustusan !

Selain memiliki kesan yang menarik, ternyata lomba tujuh-belasan yang biasa kita lakukan memiliki makna masing masing loh guys, yuk di cek !
Perlombaan di hari kemerdekaan Indonesia yang selalu kita lakukan pada 17 Agustus memang selalu berlangsung meriah. Tua, muda, pria atau wanita semuanya bersuka cita dan ikut meramaikan acara tahunan tersebut. Macam-macam lomba 17 Agustus pun beragam, mulai dari balap karung, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang, panjat pinang hingga lomba memasukan pensil ke dalam botol. Seru sekali, ya!
Namun, tahukah kalian kalau dibalik lomba-lomba tersebut tersirat makna yang dalam dan memang dilakukan untuk memperingati bagaimana sulitnya mendapat kemerdekaan? Lomba-lomba tersebut memiliki makna sesuai dengan apa yang sudah dilakukan oleh para pahlawan pada saat masa penjajahan dulu. Penasaran apa maknanya? Cek langsung deh!

Balap Karung

Ternyata inilah Makna dari Perlombaan 17 Agustus yang Biasa Kita Lakukan
Image: surabayaspot.com
Lomba balap karung ini memiliki makna yang lumayan menyedihkan. Pada masa penjajahan Jepang, rakyat Indonesia sangatlah miskin sehingga tak mampu membeli kebutuhan sandang. Karena hal itulah rakyat Indonesia saat itu menggunakan karung goni sebagai pakaian mereka. Nah, pada masa kemerdekaan seperti sekarang ini, lomba balap karung dilakukan untuk memperingati masa sulit tersebut.

Lomba Makan Kerupuk

Ternyata inilah Makna dari Perlombaan 17 Agustus yang Biasa Kita Lakukan
Image: jadiberita.com
Seperti halnya lomba balap karung, lomba makan kerupuk inipun masih menggambarkan masa sulit rakyat Indonesia pada saat masa penjajahan. Representasi hal tersebut sangat terlihat dengan tangan yang tidak boleh digunakan, dan berusaha untuk memakan kerupuk yang disimpan di tempat tinggi. Hal ini menggambarkan bagaimana rakyat Indonesia begitu kesulitan pangan pada saat masa penjajahan.

Lomba Tarik Tambang

Ternyata inilah Makna dari Perlombaan 17 Agustus yang Biasa Kita Lakukan
Image: phenabiru.com
Lomba tarik tambang ini tidak hanya adu kekuatan lho. Dalam lomba tarik tambang ini membutuhkan kerja sama yang baik antara satu sama lainya. Hal ini merepresentasikan bagaimana kerja sama, gotong royong dan solidaritas sangat dibutuhkan oleh para pahlawan untuk mengusir penjajah dulu.

Lomba Panjat Pinang

Ternyata inilah Makna dari Perlombaan 17 Agustus yang Biasa Kita Lakukan
Image: tribunnews
Lomba panjat pinang ini sudah dilakukan dari masa jaman penjajahan Belanda. Lomba panajat pinang ini digelar sabagai hiburan orang Belanda saat perayaan-perayaan, seperti pernikahan. Sama seperti saat ini, rakyat Indonesia berlomba mendapatkan hadiah yang digantungkan di puncak pohon pinang. Namun seiring berjalannya waktu, lomba panjat pinang ini menjadi lomba khas Indonesia dan bukan lagi untuk perayaan orang Belanda.

Lomba memasukan Pensil ke Dalam Botol

Ternyata inilah Makna dari Perlombaan 17 Agustus yang Biasa Kita Lakukan
Image: tnial.mil.id
Untuk Lomba yang satu ini memilik makna kesabaran dan ketepatan. 2 elemen ini sangat dibutuhkan oleh para pahlawan Indonesia untuk mengusir penjajah pada saat itu. Berbekal bambu runcing yang memiliki bentuk seperti pensil, rakyat Indonesia harus melakukan penyerbuan secara diam-diam dan menunggu waktu yang tepat. Ketika waktu yang tepat datang, para pahlawan harus menyerang dengan tepat agar penyerangan efektif dan memiliki dampak besar untruk kemerdekaan Indonesia.
Nah, tadi itu adalah makna-makna dari lomba 17 Agustus yang biasa kita lakukan. Walaupun terlihat hanya unuk hiburan semata, lomba-lomba tersebut memilikmi arti yang dalam dan penuh makna bukan? Untuk kita yang sudah hidup di kemerdekaan ini, ada baiknya selalu ingat akan makna-makna yang terkandung di lomba-lomba tersebut. Hal ini akan mengingatkan kita bagaimana sulitnya meraih kemerdekaan dan membuat kita bersemangat menjaga kemerdekaan ini.
sumber :  https://www.shopback.co.id/blog/ternyata-inilah-makna-dari-perlombaan-17-agustus-yang-biasa-kita-lakukan-kalian-wajib-tahu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI PERJALANAN DINAS

Teknik Pengendalian Rapat

Pengertian dan Jenis Jenis Tamu